Militer

Militer di Filipina terdiri dari hampir sama seperti negara-negara lain di dunia ini..dalam militer Filipina, terdapat Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Tentara.

Militer di Filipina mempunyai peranan besar dalam perpolitikan di negara itu, dimana hampir kudeta politik yang terjadi di negara itu pernah dilakukan oleh para pemimpim militer, seperti halnya seperi yang beberapa tahun kemaren terjadi, seperti Presiden Gloria Maccapal Arroyo hampir di Kudeta oleh militer Filiter.

Militer di Filipina, menpunyai peranan yang sangat penting, dimana seperti kita ketahui kasus terorisme seperti di Mindanao, salah satu propinsi di Filipina…merupakan tempat yang rawan konflik. Oleh karena itu peranan militer di negara tersebut sangat di perlukan.

Angkatan bersenjata Filipina atau sering disingkta (AFP) atau dalam bahasa Bahasa Filipina: Sandatahang Lakas ng Pilipinas; bahasa Sepanyol: Fuerzas Armadas Filipinas) terdiri daripada AngkatanDarat (Hukbong Katihan), Angkatan Laut (Hukbong Dagat) dan Angkatan Udara Udara Filipina (Hukbong Himpapawid). Keempat hal tersebut merupakan pertahanan utama Filipina, dan diketuai oleh Panglima Tertinggi Angkatan Tentera yaitu

Angkatan tentara ini Filipina mulai dibentuk pada tahun 1901 oleh Amerika Syarikat untuk membantu menentang revolusi Jeneral Emilio Aguinaldo. Setelah itu Angkatan Tentera Filipina secara resmi disahkan pada era persemakmuran Amerika melalui Commonwealth Act No. 1 atau National Defense Act pada 21 Disember 1935. Dibentuk di bawah satuan penasihat Jenderal Douglas MacArthur.

Pada saat ini angkatan militer Filipina banyak bekerja sama dengan militer Amerika Serikat, dimana kedua kelompok tentara ini banyak melakukan kerjasama dan latihan bersama di perairan Filipina dan banyak tentara Amerika yang memberikan training kepada angktan militer Filipina.

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed