Keterlibatan Dalam Organisasi Internasional

Suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa melakukan interaksi internasional dengan negara lain, setiap negara di dunia ini saling membutuhkan. Interaksi internasional biasanya dugunakan untuk mencapai National Interest suatu negara.

Keterlibatan Filipina dengan organisasi internasional sudah dimulai sejak tahun 1945, dan Filipina sebagai negara yang democrat, menjalin kerjasama hampir dengan semua negara yang ada di benua ini, mulai dari aktif di dalam organisasi kawasan seperti ASEAN, APEC dan juga turut aktif dalam Latin Union dan Group of 24. Dan merupakan sekutu dekat dari Amerika Serikat.

Filipina sebagai salah satu negara di kawasan Asia Tenggara, bergabung dalam organisasi internasional yang yang bersifat kawasan, seperti ASEAN yang berdiri pada 8 Agustus 1967, dimana Filipina juga merupakan salah satu negara pendiri organisasi tersebut.

Selain terlibat dalam organisasi kawasan, Filipina juga berperan aktif dalam organasi APEC atau Asia Pacific Economics Cooperation, Latin Union dan juga anggota dari Group of 24.

Keterlibatan dalam organisasi internasional Filipina juga ditunjukan dengan bergabungnya Filipina sebagai salah satu negara anggota dari Gerakan Non Blok atau Non Alignment Movement pada tahun 1955, dimana Filipina dengan negara negara lainya di dunia ini yang tidak memihak kepada dua blok yang ada yang ada.

Selain organisasi diatas Filipina juga aktif di badan-badan organisasi PBB seperti UNHCR, UNICEF, UNESCO, UNEP, ITU, dan lain-lain. Dan juga kerjasama dalam organisasi internasional dilakukan dengan World Bank, IMF, dan ADB.

Berikut ini adalah klsafikasi Filipina menyagkut keterlibatanya dalam organisasi internasional global, organisasi internasional yang bersifat ekonomi, dan yang bersifat hubungan luar negeri :

Internationl Organization :
Economics Departments, Institutes & Research Centers in the World

Internet Center for Corruption Research

Institute for Management Development
Political & Economic Risk Consultancy
United Nations Children’s Fund
United Nations Environment Programme

United Nations International Computing Centre
United Nations in the Philippines
World Trade Centers
World Trade Organization


Finance Hub :


Organization for Economic Cooperation & Development
APEC Business Advisory Council
Asian Development Bank
APEC Secretariat
Association of Southeast Asian Nations


Foreign Affairs :


Food and Agriculture Organization
International Monetary Fund I
IPANet Investment Data Center
United Nations Development Programme
World Bank

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed